She cill as Otomotif

Dikarenakan ketrampilanku otomotif aku ingin sedikit cerita tetang otomotif NIH !!!
Otomotif adalah ilmu yang mempelajari alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama pada mobil dan sepeda motor. dan disini aku akan mengenalkan beberapa alat-alat otomotif beserta fungsinya  Ok....!!!


1.KUNCI PAS







kunci yang mirip capit kepiting ini, berguna untuk mebuka baut, tapi kunci ini merupakan kunci alternatif, karena ada sisi yang terbuka, oleh karena itu daya cengkramnya terhadap baut tidak seimbang dan dapat merusak baut tersebut. dan jika masih ada kunci yang lain, seperti kunci ring, kunci shock, dan lain-lain sebaiknya jangan gunakan kunci ini yaaa...!!!

2.KUNCI RING

 


Berbentuk dua bulatan di masing-masing ujungnya. Ada yang sejajar, ada pula yang bengkok berlawanan. Untuk keperluan bongkar-pasang di motor ukuran yang dipakai biasanya mulai dari 4 sampai 27. Fungsinya untuk baut, yang semua bidang kontak pinggirnya tidak terhalang. Sehingga kunci ring bisa dimasukan. Contohnya, baut oli mesin bawah atau baut as roda.
Keunggulan kunci ini, potensi baut slek kecil karena bidang kontak kunci ada di seluruh permukaan pinggir baut. 

3. KUNCI SHOCK

 

Bentuknya seperti tong. Sisi satu untuk dimasukin baut, sisi lain untuk dihubungkan dengan tangkai kunci sok. (release ratchet). Hampir sama dengan kunci ring. Fungsinya untuk baut yang permukaan sisi samping tidak terhalang. Agar kunci sok bisa dimasukan.
Kelebihannya, kunci sok bisa dihubungkan dengan tangkai yang ada petunjuk torsinya. Juga momen putar lebih kuat karena tangkai lebih besar dan lebih panjang. “Sehingga, putaran bisa diukur sesuai torsi diinginkan.

4. KUNCI T 

Sesuai namanya, bentuknya persis huruf ‘T’. Ada yang ketiga ujungnya bisa sebagai kunci. Ada yang hanya satu ujung. Jenis ini tepat untuk baut yang posisinya menghadap samping. Bukan di dalam, atau ada ruang buat tangkai panjang. Kan posisi tangkai lurus, bukan menyamping kayak kunci pas, kunci sok ataupun kunci ring.
Contoh penggunaan untuk baut cover mesin samping.


5. KUNCI PAS RING (KOMBINASI)



Kunci ini merupakan kombinasi antara kunci ring dan kunci pas.
Fungsi masing-masing-nya sudah dijelaskan di atas. Sama saja dengan kunci ring dan kunci pas.
Kalau saya menggunakannya begini. Pada saat pertamakali membuka baut yang keras, saya menggunakan kunci ring-nya, setelah mulai terbuka dan tinggal mengendorkannya, saya gunakan kunci pas-nya.

6. OBENG



Obeng adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan bsut. Ada beberapa model obeng yang digunakan di seluruh dunia. Jenis yang sangat umum di Indonesia adalah model Phillips (+) and slotted (-).

7. KUNCI  L 













Biasa disebut kalangan bengkel dengan istilah kunci L. Itu larena bentuknya memang seperti huruf L. Hanya saja yang lazim orang tahu adalah L heksagonal atau kunci L persegi enam.
Padahal selain kunci L heksagonal, masih banyak jenis kunci L lain. Masing-masing punya bentuk ujung berbeda. Karena menyesuaikan bentuk kepala baut.

8. TANG PEMOTONG
perkakas-TANK01_MS 

Memiliki rahang tajam. Fungsinya untuk memotong kawat, kabel plastik, dan fiber tipis. Bahannya dari besi chrome vanadium. Gagangnya dilapis plastik. Kelemahan, tidak mampu memotong ukuran bidang yang besar atau tebal.
9.TANG CUCUT
perkakas-TANK02_MS











Bentuknya mirip ikan cucut: moncong pipih, panjang, dan berbentuk gergaji. Sebab itu, tang ini dikenal sebagai “tang cucut”. Berfungsi sebagai penjepit kawat atau kabel. Namun Anda dapat memanfaatkan bagian dalam rahang yang tajam sebagai pemotong kabel. Berbahan besi chrome vanadium dengan gagang plastik lapis karet agar tidak licin. Kelemahannya, gagang plastik mudah pecah.

 10. TANG KOMBINASI
perkakas-TANK03_MS



















Ujung rahang yang bergerigi rapat, untuk menjepit kawat atau kabel. Di tengahnya, bagian yang bergerigi renggang, untuk mengunci mur. Rahang tajam sebagai pemotong kawat dan kabel. Berbahan besi chrome vanadium. Gagangnya plastik lapis karet, agar tidak licin. Kelemahannya, jika celah antarrahang berkarat akan berakibat macet.

11. TANG KAKATUA
perkakas-TANK04_MS


Dikenal sebagai “tang kakatua” karena bentuknya mirip paruh burung kakatua. Fungsinya sebagai pemotong kawat dan kabel. Terbuat dari baja dan bergagang lapis karet untuk menjaga agar tak licin ketika digunakan. Kelemahannya, jika tang digunakan untuk memotong bahan yang tebal dan keras dapat menjadi tumpul.

12. TANG BUAYA
perkakas-TANK05_MS

Sekilas bentuknya mirip buaya: moncongnya besar, lebar, dan bergerigi. Maka tang ini dikenal dengan sebutan “tang buaya”. Rahangnya yang bergerigi untuk mengunci dan melepas baut. Jika ukuran baut besar, tang dapat diatur sesuai ukuran baut. Carannya, lebarkan kedua tungkai, lalu kunci dengan sekrup pengatur sekaligus pengunci yang ada di ujung atas tungkai. Jika ingin mengubahnya lagi, Anda cukup melepaskan tuas di bagian tungkai bawah. Kelemahannya, sekrup pengatur dan pengunci agak keras. Ini karena drat mur dan baut terlampau dalam. 


13. TANG MULTIFUNGSI
perkakas-TANK06_MS



Mirip dengan tang kombinasi: ada rahang sebagai pemotong dan penjepit. Yang beda, tang ini memiliki kelengkapan fungsi lain. Di gagangnya terdapat pisau, gergaji, obeng, pembuka tutup botol, dan pembuka tutup makanan kaleng. Jadi, satu tang ini memiliki banyak kegunaan. Kelemahannya, bagian kelengkapan di gagang mudah kendur atau patah.

14. TANG PENGELUPAS KABEL
 


















Jika Anda sedang mengerjakan instalasi kabel listrik, tang ini dapat membantu. Bagian rahang sebagai penjepit kabel. Di bawah rahang yang tajam sebagai pemotong kabel. Di gagang yang bergerigi untuk mengelupas kabel. Bahan dari besi dengan gagang lapis plastik. Kelemahannya, bagian rahang mudah macet.
15. TANG SUDUT
tang8 

Moncong rahang memiliki sudut kemiringan 45derajat. Ini untuk menjepit kawat dan kabel yang sulit dijangkau, seperti di kolong meja. Berbahan chrome vanadium. Gagangnya dilapis karet. Kelemahannya, hanya cocok untuk bagian dengan sudut kemiringan 45derajat.
 16. Jangka sorong



Jangka sorong manual

Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter. Terdiri dari dua bagian, bagian diam dan bagian bergerak. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat. Sebagian keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan display digital. Pada versi analog, umumnya tingkat ketelitian adalah 0.05mm untuk jangka sorang dibawah 30cm dan 0.01 untuk yang diatas 30cm.

Kegunaan

Kegunaan jangka sorong adalah:
  • untuk mengukur suatu benda dari sisi luar dengan cara diapit;
  • untuk mengukur sisi dalam suatu benda yang biasanya berupa lubang (pada pipa, maupun lainnya) dengan cara diulur;
  • untuk mengukur kedalamanan celah/lubang pada suatu benda dengan cara "menancapkan/menusukkan" bagian pengukur. Bagian pengukur tidak terlihat pada gambar karena berada di sisi pemegang.  
DAN MASIH BANYAK LAGI..............





 


































































 

2 komentar:

Unknown mengatakan...

SIIP

obat asam urat herbal mengatakan...

trimakasih atas infonya gan
jangan lupa berkunjung

Posting Komentar

Halaman

SEIMOC. Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "